Langsung ke konten utama
RESUME
 FILSAFAT PENDIDIKAN
“ HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN “


NAMA :  NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG
KELAS : PENDIDIKAN BIOLOGI A
NIM : 1614042019


Filsafat dan pendidikan itu sendiri merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Filsafat membahas tentang segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan itu sendiri, cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah “filsafat pendidikan”. Filsafat pendidikan merupakan  ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan dan pendidikan. Bahan yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat pendidikan. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisa secara kritis struktur dan manfaat pendidikan,filsafah pendidikan itu sendiri memiliki banyak pengertian diantaranya yang dalam khalifahnya adalah seorang “pecinta kebijaksanaan”, dalam filsafah yaitu berupa studi tentang seluruh fennomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar, untuk studi falsafah mutlak diperlukan logika berpikir dan logika Bahasa. Filsafah yang berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam sesuatu yang paling dalam ini biasanya tidak tersentuh oleh disipli ilmu lain dengan sikap skeptic yang  mempertunjukan segala hal.
Ada 2 pengertian pendidikan, yakni
Pendidikan dalam arti sempit,
merupakan pemberian dasar dan pandangan hidup kepada seseorang yang sedang tumbuh dan berkembang.

Pendidikan dalam arti luas,
Merupakan seluruh proses hidup dan kehidupan manusia  atau berupa pengalamann hidup

Pendidikan membutuhkan pendekatan filosifis karena agar kita dapat mengetahui apakah tujuan hidup manusia, apakah hakikat manusia itu serta apakah tujuan pendidikan itu


Dalam pendekatan filsafat dalam pendidikan  terdapat beberapa pendekatan,yaknni:

Pendekatan sinoptik
Sinoptik (sin= bersama atau memudahkan, optik= penglihatan atau berupa pandangan)
Pendekatan sinoptik: memadukan pandangan secara keseluruhan sehingga                                membentuk sistem pemikiran yang komperensif.
Pendekatan sinoptik: didasarkan pada salah satu arti filsafat yang memandang dunia   (universe) secara komperehensif.
Kajian filsafat pendidikan terhadap fenomena pendidikan berupa pemikiran tentang pendidikan baik mikro maupun makro.

Pendekatan normative
Pendekatan filsafat terhadap pendidikan tidak bersifat deskriptif sebagaimana pendekatan ilmiah melainkan normative.
Pendekatan normative adalah pengkajian fenomena pendidikan bukan dari sudut apa yang telah terjadi tetapi ada yang seharusnya terjadi.
Dalam pendekatan normative membahas secara dalam sebuah fenomena.

Pendekatan kritisradikal
Pendekatan ilmiah selalu didasrkan pada satu atau beberapa asumsi dasar
Sedangkan filsafat mendekati permasalahan dengan menguji asumsi dasarnya
Pengujian asumsi dasar inilah yang disebut pendekatan kritis radikal
Pendekatan radikal inilah dibutuhkan teori dan prktik pendidikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...