Langsung ke konten utama

Resume (Reni Anjarwati) pendekantan filsafat II

Nama  : Reni Anjarwati
NIM    : 1614042025
Kelas   : Pendidikan Biologi A
 “Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan”
-          Hubungan filsafat dengan pendidikan yaitu ”tidak terpisahkan”. Filsafat juga membahas fenomena pendidikan yang disebut dengan filsafat pendidikan.
-          Pengertian filsafat pendidikan :
a.       Entomologi : filsafat (kata majemuk, philia, cinta, shopia dan kebijaksanaan). Harafiahnya adalah seorang pecinta kebijaksanaan.
b.      Filsafat : studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia, secara kritis, dan mendasar (radikal).
c.       Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir, dan logika bahasa.
d.      Filsafat juga berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.
e.       Pendidikan (arti sempit) : proses pemberian pengetahuan, dalam hal ini adalah pendidikan formal.    
f.       Filsafat pendidikan : analisis filosofi terhadap fenomena pendidikan.
-          Mengapa pendidikan membutuhkan pendidikan filosofi :
a.       Apakah tujua hidup manusia ?
b.      Apakah hakekat manusia ?
c.       Apakah tujuan pendidikan itu ?
d.      Apakah pendidikan itu untuk kepentingan individu atau untuk kepentingan masyarakat ?
e.       Apakah pendidikan dipusatkan untuk membina kepribadian manusia ?
-          Pendekatan sinopik : memadukan pandangan secara keseluruhan sehingga membentuk sistem pemikiran yang komprehensif. Janganlah pernah menilai sesuatu secara subjuktif atau satu sisi. Didasarkan pada salah satu ciri filsafat yang memandang dunia (universe) secara komprehensif.
-          Pendekatan normatif terhadap pendidikan tidak bersifat deskriptif, sebagaimana pendekatan ilmiah, melainkan  normatif. Pendekatan normatif adalah pengkajian fenomena pendidikan bukan dari sudut apa yang telah terjadi.

-          Pendekatan radikal, pendidikan ilmiah selalu didasarkan pada satu atau beberapa asumsi dasar (basic assumtion). Sedangkan, filsafat mendekati permasalahan dengan dibutuhkan oleh teori dan praktik pendidikan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...