Nama : Reni Anjarwati
NIM : 1614042025
Kelas : Pendidikan
Biologi A
“Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan”
-
Hubungan filsafat
dengan pendidikan yaitu ”tidak terpisahkan”. Filsafat juga membahas fenomena
pendidikan yang disebut dengan filsafat pendidikan.
-
Pengertian filsafat
pendidikan :
a.
Entomologi :
filsafat (kata majemuk, philia, cinta, shopia dan kebijaksanaan). Harafiahnya adalah
seorang pecinta kebijaksanaan.
b.
Filsafat : studi
tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia, secara kritis, dan
mendasar (radikal).
c.
Untuk studi falsafi,
mutlak diperlukan logika berpikir, dan logika bahasa.
d.
Filsafat juga
berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya
tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang
mempertanyakan segala hal.
e.
Pendidikan (arti
sempit) : proses pemberian pengetahuan, dalam hal ini adalah pendidikan formal.
f.
Filsafat pendidikan
: analisis filosofi terhadap fenomena pendidikan.
-
Mengapa pendidikan membutuhkan
pendidikan filosofi :
a.
Apakah tujua hidup
manusia ?
b.
Apakah hakekat manusia
?
c.
Apakah tujuan
pendidikan itu ?
d.
Apakah pendidikan
itu untuk kepentingan individu atau untuk kepentingan masyarakat ?
e.
Apakah pendidikan
dipusatkan untuk membina kepribadian manusia ?
-
Pendekatan sinopik
: memadukan pandangan secara keseluruhan sehingga membentuk sistem pemikiran
yang komprehensif. Janganlah pernah menilai sesuatu secara subjuktif atau satu
sisi. Didasarkan pada salah satu ciri filsafat yang memandang dunia (universe)
secara komprehensif.
-
Pendekatan normatif
terhadap pendidikan tidak bersifat deskriptif, sebagaimana pendekatan ilmiah,
melainkan normatif. Pendekatan normatif
adalah pengkajian fenomena pendidikan bukan dari sudut apa yang telah terjadi.
-
Pendekatan radikal,
pendidikan ilmiah selalu didasarkan pada satu atau beberapa asumsi dasar (basic
assumtion). Sedangkan, filsafat mendekati permasalahan dengan dibutuhkan oleh
teori dan praktik pendidikan.
Komentar
Posting Komentar