NAMA : MUH WAHYUDI JASMAN
KELAS : PENDIDIKAN BIOLOGI A
NIM : 1614041003
MATERI : ALIRAN PERENIALISME
APA
ITU PERENIALISME ?
Perenialisme berasal dan kata perenial yang
diartikan sebagai continuing througbout the whole year atau lasting for a
very long time (abadi atau kekal dan dapat berarti pula tiada akhir. Esensi
kepercayaan filsafat perenialisme adalah berpegang pada nilai-nilai atau
norma-norma yang bersifat abadi. Filsafasat pendidikan Perenialisme
adalah mengemukakan bahwa situasi dunia
saat ini penuh dengan kekacauan dan
ketidak pastian,dan ketidak teraturan terutama dalam tatanan kehidupan moral,intelektual,dan
sosio kultural.
Perenialisme memandang bahwa kepercayaan-kepercayaan
aksiomatis zaman kuno dan abad pertengahan perlu dijadikan dasar penyusunan
konsep filsafat dan pendidikan zaman sekarang. Sikap ini bukanlah nostalgia
(rindu akan hal-hal yang sudah lampau semata-mata) tetapi telah berdasarkan
keyakinan bahwa kepercayaan-kepercayaan tersebut berguna bagi abad sekarang.
Jadi sikap untuk kembali kemasa Iampau itu merupakan konsep bagi perenialisme di
mana pendidikan yang ada sekarang ini perlu kembali kemasa lampau dengan
berdasarkan keyakinan bahwa kepercayaan itu berguna bagi abad sekarang ini.
-PENDIDIKAN MENURUT ALIRAN PERENIALISME-
Pendidikan menurut Aliran Perenialisme dipandang
sebagai Education As Cultural Regression
: Pendidikan sebagai jalan kembali, atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan masa lampau yang
dianggap sebagai kebudayaan ideal. Tugas pendidikan adalah memberikan
pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang
pasti, absolut, dan abadi yang terdapat dalam kebudayaan masa lampau yang dipandang
sebagai kebudayaan ideal tersebut. Perenialisme percaya bahwa prinsip-prinsip
pendidikan juga bersifat universal dan abadi.
Murid dalam aliran perenialisme merupakan makhluk
yang dibimbing oleh prinsip-prinsip pertama, kebenaran-kebenaran abadi, pikiran
mengangkat dunia biologis. Tugas utama dalam pendidikan adalah guru-guru,guru
dalam aliran perenialise memiliki tugas memberikan pendidikan dan pengajaran
(pengetahuan) kepada anak didik. Faktor keberhasilan anak dalam akalnya sangat
tergantung kepada guru, dalam arti orang yang telah mendidik dan mengajarkan. Menurut
Perenialisme sependapat latihan dan pembinaan berpikir adalah salah satu
kewajiban tertinggi dalam belajar, atau keutamaan dalam proses belajar. Karena
program pada umumnya dipusatkan kepada pembinaan kemampuan berpikir.
Komentar
Posting Komentar