Langsung ke konten utama

(Ren Anjarwati)resume aliran perenialisme filsafat pendidikan

Nama  : Reni Anjarwati
NIM    : 1614042025
Kelas   : Pendidikan Biologi A
“Aliran Perenialisme Filsafat Pendidikan”
A.    Hakikat Aliran Perenialisme
Perenialisme berasal dari kata perenial yang diartikan sebagai continuing throughbout the whole year atau lasting for a very long time (abadi atau kekal dan dapat berarti pula tiada akhir). Esensi kepercayaan filsafat perenialisme adalah berpegang pada nilai-nilai atau norma-norma yang bersifat badi. Perenialisme memandang bahwa kepercayaan-kepercayaan aksiomatis zaman kuno dari abad pertengahan perlu dijadikan dasar penyusun konsep filsafat dan pendidikan zaman sekarang. Ciri utama memandang perenialisme bahwa keadaan sekarang adalah zaman yang mempunyai kebudayaan yang terganggu oleh kekacauan, kebingungan dan kesimpang siuran, berhubungan dengan itu dinilai sebagai zaman yang membutuhkan usaha untuk mengaman lapangan moral, inteltual dan lingkungan sosial kultural yng lain, ibarat kapal yang akan berlayar zaman memerlukan pangkalan dan arah tujuan yang jelas. Sasaran pendidikan adalah kemampuan menguasai prinsip kenyataan, kebenaran dn nilai-nilai abadi dalam arti tak terikat oleh ruang dan waktu.
B.     Implikasi pendidikan
1.      Tujuan umum pendidikan, untuk mewujudkan peserta didik untuk hidup bahagia demi kebahagiannya sendiri. Dengan mengembangkan akalnya maka akan dapat mempertinggi kemampuan berpikirnya.
2.   Hakikat guru, guru mempunyai peranan dominan dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dikelas. Guru hendaknya orang yang menguasai suatu cabang ilmu, seorang guru yang ahli bertugas membimbing diskusi yang akan memudahkan siswa menyimpulkan kebenaran-kebenaran yang tepat dan wataknya tanpa cela.
3.      Hakikat murid, murid dalam aliran perenialisme merupakan makhluk ang dibimbing oleh primsip-prinsip pertama, kebenaran-kebenaran abadi, pikiran mengangkat dunia biologis.
4.    Metode/ Proses Belajar-Mengajar, tuntutan tertinggi dalam belajar menurut Perenialisme adalah latihan dan disiplin mental. Teori dasar dalam belajar menurut Perenialisme terutama :
a.       Mental dicipline sebagai teori dasar
b.      Rasionalitas dan asas kememerdekaan

5.  Kurikulum, menurut kaum Perenialisme harus menekankan pertumbuhan intelektual siswa pada seni dan sains. Untuk menjadi “terpelajar secara cultural” para siswa harus berhadapan dengan bidang seni dan sains yang merupakan karya terbaik yang diciptakan oleh manusia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...