Nama : Nurul Maulindah
Nim : 1614040025
Kelas : Pendidikan Biologi A
“RESUME PERENIALISME”
Perenialisme berasal dan kata perenial yang diartikan sebagai continuing
througbout the whole year atau lasting for a very long time (abadi atau
kekal dan dapat berarti pula tiada akhir. Esensi kepercayaan filsafat
perenialisme adalah berpegang pada nilai-nilai atau norma-norma yang bersifat
abadi.
Filsafasat
pendidikan Perenialisme mengemukakan bahwa situasi dunia saat ini penuh
dengan kekacauan dan ketidak pastian,dan
ketidak teraturan terutama dalam tatanan kehidupan moral,intelektual,dan sosio
kultural,untuk memperbaiki keadaan ini dengan kembali kepada nilai nilai atau
prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kuat pada zaman dulu abad
pertengahan (Perealisme membicarakan tentang nilai kebenaran,nilai ini sudah
ada pada setiap budaya yang ada pada masyarakat).
· Beberapa tokoh aliran filsafat perenialisme diantaranya: Plato (427-347
SM), Aritoteles (384-322 SM) dan Thomas Aquina ()
· Tujuan pendidikan menurut aliran perenialisme adalah untuk mewujudkan peserta didik untuk hidup bahagia demi
kebahagiaannya sendiri. Dengan mengembangkan akalnya maka akan dapat
mempertinggi kemampuan berpikirnya.
Pandangan perenialisme dalam pendidikan yaitu bahwa pendidikan
harus berdasarkan pada nilai-nilai luhur, norma dan agama. Dapat juga dikatakan
bahwa proses belajar mengajar harus dikembalikan pada nilai-nilai luhur,
norma-norma dan agama pada masa lalu. Pendidikan harus melahirkan orang-orang
yang mematuhi norma dan tawaduk di jalan kebenaran. Dengan tidak menaati norma
berarti membawa kepada kematian. Pendidikan juga harus menitik beratkan pada
nilai agung dalam hal terpusat pada guru. Pendidikan harus dipusatkan pada guru,
karena guru memiliki kemampuan serta norma-norma dan nilai yang luhur.
Komentar
Posting Komentar