Nama : Nilayanti
Nim : 1614040023
Kelas :Pendidikan Biologi.A
Resume filsafat pendidikan :
“PERENIALISME”
Pertemuan pada minggu ini tidak lain dari “Perenialisme” perlu kita
ketahui bersama bahwa kata perenialisme berasal dari kata perenial yang di
artikan sebagai continuing througbout the
whole year atau lasting for a very long time (abadi atau kekal dan dapat
berarti pula tiada akhir).Esensi kepercayaan filsafat perenialisme adalah
berpegang pada nilai-nilai atau norma-norma yang bersifat abadi.
Dalam filsafat pendidikan meteri “Perenialisme” ini, dapat kita katakana
bahwa pereanialisme adalah mengemukahkan bahwa situasi dunia saat ini perlu
dengan kekacauandan ketidak pastian, dan ketidak teraturan, terutama dalam
tatanan kehidupan moral, intelektual, dan social kultural, untuk
memperbaikikeadaan ini dengan kembali kepada nilai-nilai atau prinsip umum yang
telah menjadi pandangan hidup yang kuat pada zaman dulu abad pertengahan, dan
nilai ini sudah ada pada setiap budaya yang ada pada masyarakat.
Hakikat pendidikan menurut aliran perenialisme juga perlu kita ketahui
bersama bahwa aliran ini dipandang sebagai Education
As Cultural Regression : Pendidikan sebagai jalan kembali, atau proses
mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan masa lampau
yang dianggap sebagai kebudayaan ideal. Dan juga pandangan perenialisme tentang
belajar bahwa dalam belajar itu, diperlukan latihan dan disiplin mental. Dalam
ini, perlu kita ketahui teori dasar dalam belajar menurut aliran, bahwa mental
disiplin sebagai teori dasar, rasiolitas dan asas kemerdekaan,leraning to
reason (belajar untuk berfikir),belajar sebagai persiapan hidup, learning
through teaching.
Pada kali ini juga di jelaskan mengenai pandangan perenialisme terhadap
pendidikan. Filsafat pendidikan Perenialisme mempunyai empat prinsip dalam
pembelajaran secara umum yang mesti kita ketahui bersama yaitu:
1.
Kebenaran bersifat universal dan tidak
tergantungpada tempat, waktu, dan orang.
2.
Pendidikan yang baikbelibatkan pencarian
pemahaman atas kebenaran.
3.
Kebenaran dapat ditemukan dalam karya-karya
agung.
4.
Pendidikan adalah kegiatan liberal untuk
mengembangkan nalar.
Sedangkan menurut pandangan-pandangan kurikulumnya mempengaruhi praktik
pendidikan yang pertama itu, pendidikan dasar dan menengah,pendidikan sebagai
persiapan, dan kurikulum pendidikan orang dewasa. Dan filsafat pendidikan
modern pada garis besarnya dibagi kepada empar aliran yakni: aliran
progresivisme,esensialisme,perenialisme dan rekontstruksianisme. Jadi tujuan
dari meteri ini sebenarnya untuk menggunakan metode-metode yang sejak dahulu
itu ada, mengembalikkan tradisi-tradisi yang dulu memangsudah lahir.
WASSALAM…
Komentar
Posting Komentar