NAMA : Nur Reski Fadila
NIM : 1614040013
KELAS : Pendidikan Biologi A
HUBUNGAN FILSAFAT
DENGAN PENDIDIKAN
Filsafat
dan pendidikan merupakan dua hal yang tak dipisahkan
·
Filsafat
membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan
·
Cabang
filsafat yang khusus membahas pendidikan adalah filsafat pendidikan
Pengertian filsafat pendidikan
Filsafat ( kata majemuk : philia, cinta, kebijaksanaan, dan shopia ) = harafiahnya adalah
seseorang “pencinta kebijaksanaan“.
Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena
kehidupan dan pemikiran manusia secara
kritis dan mendasar. Untuk studi falsafi mutlak diperlukan langka berfikir dan
logika bahasa.
Filsafat juga bisa berarti perjalanan menuju sesuatu yang
paling dalam sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain
dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.
TENTANG
HIDUP DAN KEHIDUPAN
KETIKA
HATI TAK SALING MENYAPA
Pendidikan
Pemberian
dasar dan pandangan hidup kepada seseorang yang sedang tumbuh dan berkembang.
·
Seluruh
proses hidup dan kehidupan manusia – proses pendidikan.
·
Segala
pengalaman hidup – memeberikan dampak pendidikan.
Mengapa pendidikan membutuhkan pendekatan filosofis ?
Ø
Pendekatan filosofis terhadap pendidikan
adalah suatu pendekatan untuk menelaah dan memecahkan masalah-masalah
pendidikan dengan menggunakan metode filsafat.
Karena
sejumlah persoalan manusia adalah haekakat manusia
1.
Pendekatan
sinoptik
( sin = bersama
atau memadukan dan optik = penglihatan atau pandangan ). Jadi pendekatan
sinoptik adalah memadukan pandangan secara keseluruhan sehingga membentuk
sistem pemikirannya yang komprehensif.
2.
Filsafat
tehadap normatif
Pendidikan tidak
bersifat deskriptif, sebagaimana pendekatan ilmiah, melainkan normatif.
Pengkajian fenomena pendidikan
bukan dari sudut apa yang telah terjadi tetapi apa yang seharusnya terjadi
3.
Kritis
radikal
Pendekatan ilmiah
selalu didasarkan pada satu atau beberapa asumsi dasar (basic assumtion).
Sedangkan filsafat mendekati permasalahan dengan menguji asumsi dasarnya.
Pengujian asumsi dasar ilmiah disebut pendekatan ritis radikal dibutuhkan oleh
teori dan praktik pendidikan. Karena sistem pendidikan bukan hanya jika hukum –
hukum dan teori yang diterapkan dalam praktik pendidikan teruji kebenarannya,
tetapi juga asumsi – asumsi yang menjadi landasan dari teori dan hukum tersebut
juga teruji kebenarannya.
4.
Apa
itu pengetahuan dari nilai secara sistematik ?
Pengetahuan adalah merupakan hasil
“Tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu
objek tertentu yang mana penginderaan ini terjadi melalui panca indera manusia
yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba yang sebagian
besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan
adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang.
Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep,
teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau
berguna.
Komentar
Posting Komentar