Langsung ke konten utama

Manusia Sebagai makhluk alamiah dan mahkluk social



Nama: Asnur Fadillah
Nim: 1614042003

HAKEKAT MANUSIA
Manusia Sebagai makhluk alamiah dan mahkluk social
Mengapa Perlu Memahami Hakekat Manusia?
     1. Pendidikan kegiatan khas manusia
     2. Anak didik komponen sentral dalam system pendidikan
     3. Pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek pendidikannya
    4. Pandangan yang benar & jelas tentang hakekat anak
LapisanPerilakuMakhluk
1.      Lapisan perilaku an-organis dan organis dikuasai oleh hokum alam dan hukum sebab akibat
2.      Lapisan perilaku animal/hewan

Manusia
 1. Ketika baru dilahirkan tidak berdaya sama sekali kecuali insting naluri yang ia miliki 
 2.    Sebagai makhluk biologis, individualis, dan socia 
 3.    Potensi yang berkembang
WujudSifatHakekatManusia
1. Kemampuan mnyadari diri
2. Kemampuan bereksistensi (manusia selalu ingin menunjukkan jati dirinya)
3. Memiliki kata hati
4. Memiliki moral
5. Memiliki rasa kebebasan
    Semua manusia memiliki hak untuk bebas, persoalannya adalah sampai dimana batas-batas hak      kebebasan itu? Ya, batas kebebasan adalah kebebasan orang lain. Hal yang perlu kita sadari bahawa orang lain juga memiliki hak untuk bebas, maka dari itu jangan sampai kita keluar dari“jalur” bebas kita sampai mengusik kebebasan orang lain. 
 6. Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
7. Kemampuan menghayati kebahagiaan

PandangantentanghakekatManusia
      1. PandanganPsikonalitik
            2. PandanganHumanitik
            3. Pandangan Behavioristik
Ada kata yang indah dari Bapak Ismail sewaktu saya mengikuti mata kuliah Filsafat Pendidikan yaitu, “Manusia hanya ada dalam batas proses menjadi. Jika kita membuat parameter titik kesempurnaan pada radius 100 Km maka kita hanya bisa berjalan mendekati titik kesempurnaan itu atau kita hanya berjalan di sekitar 0-99 km . Dan perlu kita ingat kita tidak akan pernah sampai pada titik kesempurnaan itu. Karna titik kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai manusia tidak akan bisa menyamai-Nya atau dengan kata lain No body’s  perfect”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...