Langsung ke konten utama

filafat pendidikan



NAMA : NURUL MAULINDAH 
NIM : 1614040025
KELAS : PENDIDIKAN BIOLOGI A
 
Resume materi filsafat pendidikan
Agama dan filsafat merupakan pembicaraan yang merujuk pada kebenaran namun pada dasarnya kedua hal ini berbeda. filsafat merupakan kebenaran relatif dan agama merupakan kebenaran mutlak. Filsafat tidak berbicara tentang fakta dan realita, filsafat bertanya tentang hal-hal yang mendasari atau yang menyebabkan mengapa fakta itu bisa terjadi
“Konsep filsafat”
Beberapa konsep filsafat yang telah dibahas yaitu :
·         Pengetahuan dimulai denga rasa ingin tahu
Kepastian dimulai dengan ragu-ragu
Sedangkan filsafat dengan kedua-duanya

·         Berfilsafat didorong untuk mengetahui apa yang yang telah tahu dan apa yang tidak tahu

·         Berfilsafat berarti mengoreksi diri semacam keberanian untuk berterus terang, seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah dijangkau
Nilai yang perlu diterapkan dalam kajian filsafat ilmu mengenai pertanyaan –pertanyaan berikut:
1) apakah pendidikan itu ?
2) apakah yang hendak dicapai ?
3) bagaimana cara terbaikmerealisasikan tujuan ini?

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas dapat dikatakan bahwa jawaban diatas menggunakan 3 hal yang sangat pokok yakni ontologi, epistemologi dan aksiologi dimana:
·         Ontologi adalah Ontologi berarti ilmu yang membahas tentang hakiket sesuatu yang ada/berada atau dengan kata lain  artinya ilmu yang mempelajari tentang “yang ada” atau dapat dikatakan berwujud dan berdasarkan pada logika.
·        Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang asal muasal, sumber, metode, struktur dan validitas atau kebenaran pengetahuan.
·         Aksiologi adalah cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

ALIRAN ESENSIALISME

Nama         : Nurhikmah. S NIM           : 1614042005 Kelas          : Pendidikan Biologi A A.     Latar Belakang Filsafat Esensialisme Secara etimologi, esensialisme berasal dari bahasa Inggris yakni “ Essential” yang berarti inti atau pokok dari sesuatu dan “ Isme” berarti aliran, mazhab atau paham. Esensialisme dikenal sebagai gerakan pendidikan dan juga sebagai aliran filsafat pendidikan. Esensialisme adalah pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Esensialisme muncul pada zaman Renaissance (zaman kelahiran kembali) dengan ciri-ciri utama yang berbeda dengan Progresivisme, perbedaannya yang utama ialah dalam memberikan dasar berpijak pada pendidikan yang penuh dengan fleksibilitas, dimana terbuka untuk perubahan, toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktr...