Langsung ke konten utama

Konsep Filsafat Pendidikan



Nama   : Yogi Saputra
NIM    : 1614041011
Kelas   : Pend. Biologi A
Resume Filsafat Pendidikan
Konsep Filsafat Pendidikan
Filsafat itu adalah cinta pada kebijaksanaan. Filsafat pada umumnya tidak bercerita tentang realita. Filsafat bukan tentang apa sedang terjadi, apa itu, atau bagaimana itu bisa terjadi tetapi filsafat berbicara tentang apa yang salah dengan itu. Seperti itulah orang yang mengerti filsafat dalam menjalani kehidupannya. Di dalam pohon keilmuan selalu berlandaskan antara agama dengan filsafat kemudian melahirkan cabang-cabang ilmu yang lain seperti ipa, ips dan lain sebagainya. Namun filsafat berbeda dengan agama dalam hal kebenaran. Kebenaran dalam filsafat adalah sebuah kesepakatan, dan disebut sebagai kebenaran relatif. Jika dalam agama dikatakan salah maka itu salah.
Adapun konsep filsafat pendidikan yaitu:
·      Pengetahuan dimulai dari rasa ingin tahu, kepastian dimulai dengan rasa ragu-ragu. Sedangkan filsafat dimulai dengan keduanya.
·         Berfilsafat didorong untuk mengetahui apa yang telah dan belum tahu.
·      Berfilsafat berarti berendah hati bahwa tidak semuanya akan pernah diketahui dalam kemestaan yang seakan tak terbatas.
·         Berfilsafat berarti mengoleksi diri, semacam keberanian yang dicari telah dijangkau.
   Pendidikan adalah suatu proses memanusiakan manusia. Manusia sebelum lahir dan sesudah lahir itu sudah belajar sebab pendidikan itu untuk hidup dan kehidupannya. Ketika gen beradaptasi dengan lingkungan, maka belum tentu gen itu akan terekspresikan sesuai dengan sifat gen tersebut. Maka fenotipe akan terpengaruh dari seberapa besar dia beradaptasi dengan lingkungan. Peluang mis-orientasi (tidak sesuai dengan harapan) akan besar jika kurva mendekati lingkungan.

 
                                                                          


 



Sketsa pengaruh lingkungan terhadap gen 

.     Entomologi, tentang ke-apa-an.
·    Epistomologi, tentang ke-bagaimanaan-an, menyangkut cara (metodologi) yang melahirkan keilmuan.
·        Aksiologi, tentang ke-untuk apa-an.
Aliran-aliran dalam filsafat pendidikan terdiri dari:
·         Esensialisme
·         Idealisme
·         Materialisme
·         Realisme
·         Pragmatisme
·         Progestivisme
·         Konstruktivime
·         Rekonstruktivime

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...