Langsung ke konten utama

Hubungan filsafat dengan pendidikan



Nama : Suhardi Aldi
Nim : 1614042011
Kelas : Pendidikan A

Hubungan filsafat dengan pendidikan, yang mana filsafat tidak dapat dipisahkan dari pendidikan. Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan. Cabang filsafat khusus membahas fenomena pendidikan. Secara etimologi , Filsafat (kata majemuk: Phili, cinta; Sphia, kebijaksanaan). Harafiahnya adalah seorang "Pecita kebijaksanaan".
Filsafat merupakan studi tentang fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan mendasar. Orang-orang filsafat berfikir radikal. Contoh kenapa manusia butuh makan. Logika berpikir digunakan untuk menjelaskan sesuatu. Untuk logika falsafi mutlak diperlukan logika berpikir, dan logika bahasa.
Cotoh logika bahasa: saya tidak mau meminta maaf artinya saya tidak mauberbuat salah.
Contoh logika berpikir: UKM lebar sayapnya, maksudnya luas jangkauannya.
Filsafat merupakan perjalanan menuju sesuatu yang mendalam, sesuatu yang biasya tidak disentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.
A.      Pendidikan (dalam arti luas)
”Life is education, educat ion of life"
Seluruh proses hidup dan kehidupan manusia merupakan proses pendidikan. Segala pengalaman hidup akan memberikan dampak pendidikan dan pendidikan akan berjalan seiring kehidupan.
B.      Pendidikan (dalam arti sempit)
Pemberian dasar dan pandangan kepad seseorang, Fislafat pendidikan merupakan analisis filosofis terhadap fenomena pendidikan.
Menagapa pendidikan membutuhkan pendekatan filosofi ?
Karena semua persoalan mendasar tidak bisa dijelaskan tanpa pendekatan filosofi ketika pembicaraan perkuliahan gratis,maka itu bukan masalah pendidikan.
1.       Apaka tujuan hidup manusia  ?
Hablumminaullah dan Hablum minannas              
2.       Apa hakikat manusia ?
Teor tabula rasa, sejak manusia lahir, ibarat kertas putih tak tercoret. Jika terdapat coretam maka pendidikan akan mengarahkannya. Tiak ada manusia ynag bodoh, karen tidak mnegenal dirinya, maka diprerlukan manusia lainuntuk mengingatkannyaagar mengenal dirinya.
3.       Apa tujuan pendidikan itu ?
Mencerdaskan kehidpan bangsa
Apakah pendidikan itu untuk individu atau kepentingan masyarakat, apakah pendidikan dipusatkan untuk membina kepribasian menusia ataukah untuk membina masyarakat.
1.       Pendekatan filsafat pendidikan
a)      Pendekatan sinoptic
Sinoptic ( Sin: bersama atau memadukan dan optik: pennglihatan atau pandangan). Pendekatan sinoptic sama dengan memadukan pandangan secara keseluruhan, sehingga membentuk siste pemikiran yang komprensif,  tidak hanya melihat di satu sisi.
Pendekatan sinoptic didasarkan pada salah satu ciri filsafat yang memandang dunia.
b)      Pendekatan normatif
Pendekatan filsafat terhadap pendidiakn tidak bersifat deskriptif, sebagaimana pendekatan ilmiah, melainkan normatif. Uakan membahas apa yang etrjadi namun membahas apa yang perlu terjadi.
c)       Pendekatan kritis radikal
Didasarkan pada asumsi dasar, pengujian asumsi dasar inilah yang disebut pendekatan kritis radikal.

Contoh jumah kualitas guru kurang sama dari orang kota dengan orang pelosok.  Anak SD dikota akan langsung mengetahui Amerika, sedangkan pada daerah plosok akan berbeda. Karena menggunakana alat atau fasilitas yang berbeda. Ini merupakn contoh dari asumsi pendidikan ( dalam arti luas).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...