NAMA : NUR AINUN FADHILAH IDRIS
NIM : 1614041001
KELAS: PENDIDIKAN BIOLOGI A
Bismillahhirrahmanirrahim
NIM : 1614041001
KELAS: PENDIDIKAN BIOLOGI A
Bismillahhirrahmanirrahim
Sebagaimana diketahui bahwa manusia adalah sebagai
kholifah allah di bumi, Sebagai kholifah, manusia mendapat kuasa dan
wewenang untuk melaksanakannya, dengan demekian pendidikan merupakan
urursan hidup dan kehidupan manusia dan merupakan tanggung jawab manusia itu
sendiri. Untuk mendidik dirinya sendiri, pertama-tama manusia harus memahami
dirinya sendiri, apa hakikat manusia, bagaimana hakikat hidup dan kehidupannya,
apa tujuan hidup dan apa pula tujuan hidupnya.
Filsafat membahas sesuatu dari
segala aspeknya yang mendalam, maka dikatakan kebenaran filsafat adalah
kebenaran menyeluruh yang sering dipertentangkan dengan kebenaran ilmu
yang sifatnya relative. Sedangkan pendidikan meruakan salah satu bidang ilmu,
sama halnya dengan ilmu-ilmu lain.
Hubungan filsafat
dengan pendidikan
·
Filfasat
dalam pendidikan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan
·
Filsafat
membahas segala sesuatu termaksuk fenomena pendidikan
·
Cabang
filsafat yang khusus membahas fenomena
Pengertian filsafat
pendidikan
·
Etimologi
: filsafat (kata majemuk : philia, cinta, shopia, kebijaksanaan)
Filsafat ►
studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis
dan mendasar
·
Untuk
studi filsafi, mutlak diperlukan logika berpikir, dan logika bahasa
Filsafat bisa juga
berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya
tidak tersentuh, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh olah disiplin ilmulah
dengan sikap skeptis yang mempertanyakan sejuta hal
·
Pendidikan
( dalam arti luas )
“life is education,
an education is life”
-seluruh proses hidup
dan kehidupan manusia adalah proses pendidikan
- segala pengalaman
hidup memberikan dampak kehidupan
·
Pendidikan
(dalam arti sempit)
Pemberian dasar dan pandangan
hidup kepada seseorang
Mengapa
pendidikan membutuhkan pendetakan filosofis?
Ada beberapa pokok pendidikan yang tidak
bisa di jawab oleh pendekaan ilmiah misalnya:
·
Apakah
tuuan hidup manusia?
·
Apakah
hakikat manusia itu?
·
Apakah
tujuan pendidikan itu?
Apakah pendidikan itu untuk individu
atau untuk kepentingan masyarakat?
Apakah pendidikan dipusatkan untuk
membina kepribadian manusia ataukah untuk pembinaan masyarakat?
Apa
pendekatan filsafat dalam pendidikan
· Pendekatan
sinoptik (sin = bersama atau memadukan, dan optik =penglihatan atau pandangan). Pendekatan sinoptik = memadukan pandangan secara keseluruhan, sehingga mementuk
pikiran yang komperhensif
-
Pendekatan
sinoptik didasarkan pada salah satu cirri filsafat yang memandang dunia
(universe) secara komperhensif
-
Kajian
filsafat pendidikan terhadap fenomena pendidikan berupa pemikiran
· Pendekatan
normatif
-
Pendekatan
filsafat terhadap pendidikan tidak bersifat deskriptif sebagaimana pendekatan
ilmiah, melainkan normatif.
-
Pendekatan
normatik adalah pengkajian fenomena pendidikan bukan dari sudut apa yang telah terjadi
tetapi apa yang seharusnya terjadi.
·
Pendekatan
Kritis Radikal
-
Pendekatan
ilmiah selalu didasarkan pada satu atau beberapa asumsi dasar sedangkan filsafat
mendekati permasalahan dengan menguji asumsi dasarnya. Pengujian asumsi dasar
inilah yang disebut kritis radikal.
Komentar
Posting Komentar