Langsung ke konten utama

PERSOALAN PENDIDIKAN YANG DITINJAU DENGAN FILOSOFI


Nama : Dian Permata Chlarah
NIM   : 1614042001
kelas  : Pendidikan Biologi A


Pendidikan secara sempit berarti usaha sadar dari manusia yang lebih dewasa. Dan secara luas , yaitu memanusiakan manusi. Maksudnya pendidikan beriringan dengan proses kehidupan manusia. Tetapi ketika manusia menjalani hidupnya adakanya dibantu dengan lingkungan sekitar. Pendidikan di indonesia bukan membangun pendidikan hanya saja merenofasi pendidikan.
1.      Korupsi
2.      Moralitas
Sangat memprihatinkan saat ini yang terjadi dalam pendidikan. Manusia hanya dibekali dengan pengetahuan tapi tidak dengan sikap.
3.      Pendidikan
Pendidikan memanusiakan manusia tetapi tak segampang mengucapkan, pendidikan beriringan dengan hidup dan proses kehidupan.
4.      Filsafat
Filsafat adalah pola fikir manusia, Kebenaran adalah kesepakatan yang relatif . filsafat adalah cinta pada kebijakan, kebiasaan,dan orang yang memahami dirinya
5.      Filsafat pendidikan
Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.
Filsafat dimulai dengan keinginan dan keraguan. Berfilsafat didorong untuk mengetahui apa yang telah tahu dan apa yang belum tahu.
Usaha sadar pada manusia yang lebih dewasa membimbing, melatih, membina agar manusia menjadi seutuhnya. Hubungan filsafat dan filsafat pendidikan menjadi begitu penting. Karena masalah pendidikan merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia.
Aliran filsafat Pendidikan Modern dilihat dari perspektif,Ontologi,Epistemologi, dan Aksiologi.
1.    Ontologi
Ontologi merupakan analisis tentang objek materi dari ilmu pengetahuan. Berisi mengenai hal-hal yang bersifat empiris serta mempelajari mengenai apa yang ingin diketahui manusia dan objek apa yang diteliti ilmu.
2. Epistomologi
Dalam epistimologi dikenal dengan 2 aliran, yaitu:
1.  Rasionalisme   :  Pentingnya akal yang menentukan hasil/keputusan.
2.  Empirisme       : Realita kebenaran terletak pada benda kongrit yang dapat diindra karena  ilmu atau pengalam impiris.
3. Aksiologi
Dalam aksiologi ada dua penilaian yang umum digunakan yaitu:
1.  Etika
Etika adalah cabang filsafat yang membahas secara kritis dan sistematis masalah-masalah moral
2. Estetika
Estetika merupakan bidang studi manusia yang mempersoalkan tentang nilai keindahan.



Manusia pada dasarnya hanya banyak tahu, tetapi yang diketahuinya itu terkadang tidak dipahami. Dan mungkin dipahami, tetapi tidak dapat dipertanggung jawabkan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...