Langsung ke konten utama

"PENDEKATAN FILSAFAT DALAM PENDIDIKAN"


Nama    : IIN ANANDA
NIM       : 1614040007

 Image result for kaligrafi bismilah
Assalamu alaikum Wr.Wb
                Filsafat pendidikan, sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijakan dan  pelaksanaan pendidikan. Dengan problematika hidup dan  kehidupan manusia dan mampu menjadi perekat kembali antara berbagai macam displin ilmu yang berkembang saat ini. Bagaimana tidak? Persoalan-persoalan pada filosofi pendidikan yang terjadi di negara kita ini sangat memprihatinkan seperti; korupsi dan a spek moralitas dalam  hal ini moral negara kita ini sungguh sangat memprihatinkan. Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan yang baik dan  tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berperilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya              (aspek moralitas).
            Pendidikan  hakikatnya bersifat normatif, artinya dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan norma tertentu  serta diarahkan untuk mewujudkan manusia ideal, yaitu  manusia yang diharapkan sesuai dengan sistem nilai dan norma tertentu yang bersumber dari agama maupun budaya yang diakui. Pendidikan bersifat normatif dan manusia memiliki dimensi moralitas karena itu aspek moralitas memungkinkan  manusia untuk dapat didik. Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau  kelompok orang dalam usaha mendewasakan  manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Jadi dalam  hal ini pendidikan adalah proses atau perbuatan mendidik. Pendidikan adalah usaha sadar dimana “memanusiakan manusia menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang menjadi landasannya.  Bagaimana filsafat mendekati pendidikan? Nah,perlu kita ketahui bahwa kepastian  itu dimulai dengan ragu-ragu,pengetahuan itu dimulai dengan rasa ingin tahu sedangkan filsafat dimulai dengan kedua-duanya. Orang yang berfilsafat itu didorong untuk mengetahui apa yang tidak tahu dan apa yang belum ia tahu. Berfilsafat berarti berendah hati. Filsafat tidak berbicara realita melainkan nyata,sesungguhnya filsafat itu menggiring seseorang untuk bijak.
            Dengan demikian, hubungan filsafat dan filsafat pendidikan menjadi begitu penting. Karena masalah pendidikan merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia.
Aliran filsafat Pendidikan Modern dilihat dari perspektif,Ontologi,Epistemologi, dan Aksiologi.

  •  Ontologi berarti ilmu hakikat yang menyelidiki alam nyata dan bagaimana keadaan yang sebenarnya, apakah hakikat di balik alam nyata ini. Ontologi menyelidiki hakikat dari segala sesuatu dari alam nyata yang sangat terbatas bagi pancaindra kita.
  •  Epistemologi adalah pengetahuan yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pengetahuan, cara manusia memperoleh dan menangkap pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan.
  •  Aksiologi menyangkut nilai-nilai yang berupa pertanyaan apakah baik atau bagus itu. dalam definisi lain, aksiologi merupakan suatu pendidikan yang menguji dan mengintegrasikan semua nilai tersebut dalam kehidupan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...