Nama :
IIN ANANDA
NIM
: 1614040007
Assalamu alaikum Wr.Wb
Filsafat pendidikan, sesuai
dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijakan
dan pelaksanaan pendidikan. Dengan problematika
hidup dan kehidupan manusia dan mampu
menjadi perekat kembali antara berbagai macam displin ilmu yang berkembang saat
ini. Bagaimana tidak? Persoalan-persoalan pada filosofi pendidikan yang terjadi
di negara kita ini sangat memprihatinkan seperti; korupsi dan a spek moralitas
dalam hal ini moral negara kita ini
sungguh sangat memprihatinkan. Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan yang
baik dan tidak baik, dan pada dasarnya
ia berpotensi untuk berperilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya
(aspek moralitas).
Pendidikan hakikatnya bersifat normatif, artinya
dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan norma tertentu serta diarahkan untuk mewujudkan manusia ideal,
yaitu manusia yang diharapkan sesuai
dengan sistem nilai dan norma tertentu yang bersumber dari agama maupun budaya
yang diakui. Pendidikan bersifat normatif dan manusia memiliki dimensi
moralitas karena itu aspek moralitas memungkinkan manusia untuk dapat didik. Pendidikan adalah
proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Jadi
dalam hal ini pendidikan adalah proses
atau perbuatan mendidik. Pendidikan adalah usaha sadar dimana “memanusiakan
manusia menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang menjadi
landasannya. Bagaimana filsafat
mendekati pendidikan? Nah,perlu kita ketahui bahwa kepastian itu dimulai dengan ragu-ragu,pengetahuan itu
dimulai dengan rasa ingin tahu sedangkan filsafat dimulai dengan kedua-duanya. Orang
yang berfilsafat itu didorong untuk mengetahui apa yang tidak tahu dan apa yang
belum ia tahu. Berfilsafat berarti berendah hati. Filsafat tidak berbicara realita
melainkan nyata,sesungguhnya filsafat itu menggiring seseorang untuk bijak.
Dengan demikian, hubungan filsafat
dan filsafat pendidikan menjadi begitu penting. Karena masalah pendidikan
merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan
berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia.
Aliran filsafat
Pendidikan Modern dilihat dari perspektif,Ontologi,Epistemologi, dan Aksiologi.
- Ontologi berarti ilmu hakikat yang menyelidiki alam nyata dan bagaimana keadaan yang sebenarnya, apakah hakikat di balik alam nyata ini. Ontologi menyelidiki hakikat dari segala sesuatu dari alam nyata yang sangat terbatas bagi pancaindra kita.
- Epistemologi adalah pengetahuan yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pengetahuan, cara manusia memperoleh dan menangkap pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan.
- Aksiologi menyangkut nilai-nilai yang berupa pertanyaan apakah baik atau bagus itu. dalam definisi lain, aksiologi merupakan suatu pendidikan yang menguji dan mengintegrasikan semua nilai tersebut dalam kehidupan manusia.
Komentar
Posting Komentar