Langsung ke konten utama

Resume Filsafat Pendidikan ( hakekat manusia sebagai makhluk alamiah dan makhluk sosial)

z

                                                            
Nama     : Hasan



NIM       : 1614040001




Kelas     : pendidikan Biologi A
                                                                
FILSAFAT PENDIDIKAN
Hakekat Manusia Sebagai Makhluk Alamiah dan Makhluk Sosial
Manusia disebut juga insan. Kata insan dipakei untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyusaika diri dengan keadaann yang baru disekitarnya. Hal yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti yang kita ketahui bahwa kita sebagai manusia memiliki akal pikiran, sedangkan hewan dan tumbuhan tidak memiliki akal. Keberadaan manusia pada hakekatnya terwujud sebagai makhluk alamiah dan makhluk social. Manusia adalah subyek pendidikan, yang sekaligus pula sebagai objek pendidikan. Secara moral, manusia berkewajiban atas perkembangan pribadi generasi penerusnya. Selain itu sebagai objek pendidikan, manusia (khususnya anak) merupakan “sasaran”, pembinaan yang dilakukan untuk melaksanakan suatu proses pendidikan yang  pada hakekatnya memiliki kepribadian yang sama seperti manusia dewasa. Kedudukan manusia sebagai sebagai subjek pendidikan didalam masyarakat dan di alam semesta ini berperan bahwa manusia dapat disebut sebagai makhluk alamiah dan makhluk social yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam mengemban amanat untuk membina dan mengembankan manusia sesamenya serta memelihara alam lingkungan hidupnya secara bersama-sama.
A.     Pengertian hakekat manusia
Hakekat manusia adalah peran ataupun fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manusia. Kata manusia berasal dari kata “manu”dari bahasa sangsekerta atau “mens” dari bahasa latin yang berarti pikiran, berakal budi, atau bisa juga dikatakan “homo” yang juga berasal dari bahasa latin. Hal yang paling penting dalam membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah dapat dikatakan bahwa manusia dilengkapai dengan akal, pikiran, perasaan dan keyakinan untuk mempertinggi kualitas hidupnya di dunia.
Ø  Manusia sebagai makhluk individu
Manusia sebagai mahkluk individu mempunyai sifat-sifat individu khas yang berbeda dengan manusia lainnya. Manusia sebagai bersifat nyata, yaitu mereka berupaya untuk selalu merealisasikan kepentingan, kebutuhan, dan potensi pribadi yang dimilikinya.
Ø  Manusia sebagai makhluk social
Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial, artinya makhluk yang hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap manusia normal memerlukan orang lain dan hidup bersama-sama dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kenyataan ini sesuai dengan pendapat Aristoteles, menyatakan bahwa manusia adalah zoom politicon, yang berarti selain makhluk individu, manusia juga termasuk dalam makhluk yang sosial yang harus berinteraksi dengan manusia lain.
B.     Apa yang membedakan manusia dengan makhluk lain
Manusia pada hakekatnya sama saja dengan makhluk hidup lainnya, yaitu memiliki hasrat dan tujuan. Manusia sebagai salah satu makhluk yang hidup di muka bumi merupakan makhluk yang memiliki karakter paling unik.
Ø  Perbeaan manusia dan hewan
Ø  Hewan
1.      Memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir
2.      Makhluk biologis
3.      Punya instik
4.      Bertindak menurut instik
5.      Tidak mengenal etika, estetika dan agama
Ø  Manusia
1.      Ketika manusia dilahirkan tidak berdaya sama sekali
2.      Makhluk biologis individu dan sosial
3.      Potensi yang berkembang
4.      Bertanggung jawab
5.      Punya etika, estetika  dan agama
Ø  Sifat-sifat hakekat manusia
Wujud sifat hakekat manusia manusia terbagi atas 8 yaitu:
1.      Kemampuan menyadari diri
2.      Memiliki kata hati
3.      Kemampuan bereksistensi
4.      Memiliki moral
5.      Kemampuan bertanggung jawab
6.      Memiliki rasa kebebasan
7.      Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
8.      Kemampuan menghayati kebahagiaan
Ø  Pandangan tentang hakekat manusia
1.      Pandangan pisikoanalitik
Menurut kaum psikoanalisis tradisional ( dalam Hansen dan warner 1977)  manusia digerakkan oleh dorongan dari dalam dirinya yang bersifat instink. Freud mengemukakan struktur kepribadian individu terbagi atas.
a.       Id meliputi 2 instik manusia yaitu: instink seksualitas dan instink agresi. Fungsi id yaitu mendorong individu untuk memenuhi kebutuhan dirinya sepanjang hidupnya.
b.      Ego fungsi kepribadian yang menjembati id dengan dunia luar individu. Ego berfungsi untuk menjembatani antara keinginan id dengan lingkungan yang realities.
c.       Super ego berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingka laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral.
Ø  Pandangan humanistik
Pandangan humanistic berpendapat bahwa manusia itu memiliki dorongan untuk mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif, manusia itu rasional, terisosialisasikan dan untuk berbagi hal dapat menentukan nasibnya sendiri.
Ø  Pandanagan behavioristik
Pandangan behavioristik sering di keritik sebagai pandangan yang merendahkan derajat manusia (dehumanisasi) karena panangan ini mengingkari adanya ciri-ciri yang amat penting yang ada pada manusia dan tidak ada pada mesin atau binatang separti kemampuan memilih, menetapkan tujuan dan mencipta.              

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...