Langsung ke konten utama

MANUSIA ADALAH MAKHLUK ALAMIAH DAN SOSIAL



Nama   : Yuni Kartika
Nim      : 1614040015
Kelas    : Pendidikan Biologi A

Filsafat Pendidikan

MANUSIA ADALAH MAKHLUK ALAMIAH DAN SOSIAL
A.    Hakekat Manusia
Hakikat berarti kebenaran, atau dapat juga dikatakan sebagai inti dari segala sesuatu, sedangkan manusia adalah makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh allah SWT.
1)   Pendidikan khas manusia
2)   Konsep atau pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi pendidikannya
3)   Pandangan yang benar dan jelas tentang hakekat anak akan terhindar dari dampak negatif
B.    Lapisan Perilaku Makhluk
1)   Lapisan perilaku anorganis dan organis dikuasai oleh hukum alam dan hukum sebab akibat
2)   Lapisan perilaku human, perilaku/kemampuan yang hanya terdapat pada kehidupan manusia tidak dimiliki oleh makhluk lain
3)   Lapisan perilaku mutlak
C.  Perbedaan hewan dan manusia 
                Setiap makhluk ciptaan allah SWT memiliki perbedaan masing-masing, itulah yang membedakan setiap makhluk ciptaannya tersebut.
1.    Hewan
a)    Memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir
b)   Makhluk biologis
c)    Punya insting
d)   Bertindak menurut insting
e)   Tidak mengenal etika
2.    Manusia
a)    Ketika dilahirkan tidak berdaya sama sekali
b)   Makhluk biologis, individu, social
c)    Potensi yang berkembang
d)   Punya etika, estetika, dan agama
D.  Wujud sifat hakekat manusia
a)      Kemampuan menyadari diri
b)      Kemampuan bereksistensi
c)       Memiliki kata hati
d)      Memiliki moral
e)      Kemampuan bertanggung jawab
f)       Memiliki rasa kebebasa
g)      Melaksanakan kewajiban dan menyadari HAM
h)      Kemampuan menghayati kebahagiaan
E.   Pandangan tentang hakikat manusia
a)      Pandangan psikoanalitik, yaitu tingkah laku manusia yang digerakan oleh dorongan
b)      Pandangan humanistik
c)       Pandangan behavioristik
F.   Struktur kepribadian manusia
a)      Id yang berfungsi untuk menggerakan seseorang untuk memuaskan kebutuhan
b)      Ego berfungsi untuk menjembatani antara keinginan id dengan lingkungan yang realistis
c)       Super ego berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingkah laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral
               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...