Langsung ke konten utama

filsafat pendidikan dan pendekatan filsafat



Filsafat dan pendekatan filsafat
Nama :Nilayanti
NIM    :1614040023

Filsafat pendidikan
           Filsafat dapat di artikan berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan skap skeptis yang mempertanyakan segalah hal.
           Pendidikan dalam hal ini, usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan lingkungan
          Terkait dengan logika, yaitu: logika formal yang dibangun atas prinsip koherensi, dan logika dealektis dabangun atas prinsip menerimah dan membolehkan kontradiksi. Dalam hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam sampai ke akar-akarnya mengenai pendidikan

          Dalam materi ini kata membahas tentang keadaan pendidikan di dalam Indonesia, yang terjadi Indonesia bukan pembangunan pendidikan, melainkan perenopasian pendidikan.
          Berbicara tentang pendidikan di Indonesia dalam filsafat, tidak akan lepas dalam pemikiran kritis.karena keterbatasan ekonomi banyak yang menghambat segala ke inginan penerus bangsa. Biaya pendidikan yang melambubg tinggi membuat anak-anak perekonomiannya kurang baik memiliki nasib yang kurang beruntung di karenakan mereka harus putus sekolah dan bekerja untuk membantu orang tua mereka. Hal ini adalah masalah besar yang di hadapi  Indonesia, karena banyaknya orang-orang yang mementingkan diri mereka sendiri.
            Banyaknya aspek-aspek yang membuat terjadinya masalah di Indonesia yaitu:
· Korupsi
Dalam arti ini “korupsi” adalah orang-orang yang mengambil hak seseorang demi kepentingan mereka sendiri dan tanpa memerhatikan orang-orang yang ada di sekitar mereka. Mereka hanya melihat seseorang dari segi pandang yang satu, membuat mereka bahagiah dalam sendirinya.
· Pendidikan
Dalam hal ini “pendidikan” dikatakan tidak terlalu memadahi penerus bangsa, karna banyaknya penyalahgunaan pasilitas yang sepantasnya bagi anak-anak. Karena banyaknya orang-orang yang lebih mementimgkan diri semdiri daripada hak seseorang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...