(Resume Mata Kuliah Filsafat Pendidikan, 1 Maret 2017)
HAKEKAT MANUSIA
SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH DAN MAKHLUK SOSIAL
Nama : Reni Anjarwati
NIM : 161404205
Kelas : Pendidikan Biologi A
Pentingnya dalam memahami hakekat manusia, diantaranya :
1.
Pendidikan khas
manusia.
2.
Anak didik
(manusia) merupakan komponen sentral dalam sistem pendidikan.
3.
Konsep/pandangan
guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek pendidikannya.
“
Manusia adalah hewan yang membutuhkan pendidikan dan dapat di didik”
Lapisan perilaku manusia meliputi :
1.
Lapisan perilaku an
organis
2.
Lapisan
vegetatif/perilaku nabati
3.
Lapisan
animal/perilaku hewani
4.
Lapisan perilaku
human (khas manusia)
5.
Lapisan perilaku
mutlak (absolut), dimaksudkan dengan menghayati nilai-nilai religius.
Sebagai hakekatnya manusia mempunyai perbedaan dengan
makhluk lainnya, salah satunya dengan hewan. Yaitu :
Hewan
|
Manusia
|
a.
Memiliki kemampuan siap pakai ketika terlahir.
b.
Makhluk biologis
c.
Punya instink
d.
Tidak mengenal etika, estetika dan agama
e.
Bertindak menurut instink
|
a.
Ketika
dilahirkan sangat tidak berdaya.
b.
Makhluk
biologis, individu dan sosial
c.
Potensi yang
berkembang
d.
Mempunyai
etika
e.
Bertanggung
jawab
|
Wujud sifat Hakekat Manusia, ialah :
1.
Kemampuan menyadari
diri, manusia sadar akan hakekatnya sebagai manusia.
2. Kemampuan bereksistensi, kemampuan ini menunjukkan bahwa
pada setiap manusia selalu ingin menunjukkan jati dirinya.
3. Memiliki kata hati (renungan dalam hati).
4. Memiliki moral, ketika seseorang melakukan tindakan
amoral maka ia tak menghadirkan dirinya.
5. Kemampuan bertanggung jawab dalam setiap perilakunya.
6. Memiliki rasa kebebasan, kebebasan yang dimiliki manusia
tidak dapat di ganggu gugat. Namun, perlu diingat bahwa setiap manusia memiliki
batas kebebasan yaitu saat telah memasuki area kebebasan orang lain.
7. Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak.
8. Kemampuan menghayati kebahagian.
Pandangan-pandang dalam Hakekat Manusia, yaitu :
1. Pandangan Psikoanalitik,
memiliki artian analitik kejiwaan.
2. Pandangan Humanistik.
3. Pandangan Behavioristik,
pandangan terhadap hakekat manusia dalam hal perilaku atau perbuatan.
4. Pandangan Neoanalitik.
Dalam kepribadian diri manusia terdapat suatu struktur
sebagai penyusunnya,yaitu :
1. Id, lebih berarah kepada kepribadian manusia dalam memnuhi
kebutuhannya dan merupakan suatu struktur yang telah ada sejak lahir.
2. Ego, menjembatani keinginan Id dan realistis. Ego lebih
kepada pemenuhan keinginan.
3. Super ego, berperan dalam hal mengawasi dan mengontrol
kepribadian.
Nama lain dari manusia, diantaranya :
1.
Homo sapiens
2.
Animal nationale
3.
Homo luden (
yang membutuhkan hiburan)
4.
Homo faber
5.
Animal Sosial
(makhluk sosial)
6.
Animal simbolicum
7.
Animal educandum
8.
Animal educacile
Komentar :
mempelajari hakekat manusia tentulah membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk
memahaminya, dengan mempelajari materi ini akan lebih menyadarkan kita
bagaimana sebenarnya hakekatnya kita sebagai manusia. Agar kita dapat melakukan
bagaimana yang seharusnya dilakukan.
Komentar
Posting Komentar