Nama : Feny Fadillah Achya
NIM : 1614042007
Kelas : Pendidikan Biologi A
Hakikat
Manusia Sebagai Makhuk Alamiah dan Sosial
Hakikat manusia perlu dipahami agar
1.
Pendidikan kegiatan khusus Manusia
2.
Anak didik ( manusia ) komponen sentral
dalam sistem pendidikan
3.
Konsep atau pandangan guru tentang
hakikat anak menentukan strategi prakatek pendidikannya
4.
Pandangan yang benar dan jelas tentang
hakikat anak akan terhindar dari dampak negatif perkembangan iptek yang pesat
Lapisan perilaku makhluk :
- An organis (tunduk pada hukum alam) dan organis, dikuasai oleh hukum alam dan hukum sebab akibat. Tidak ada yang mampu mengalahkan hukum alam.
- Vegetatif atau perilaku nabati.
- Berperilaku seperti hewan
- Lp Human, bijaksana, berbudaya
- Hanya manusia yang memiliki religious
Pengertian
manusia
Manusia, ''Mano'' (sangsakerta), Mens (latin) Befikir,
berakal budi atau homo sapiens yang berarti manusia.
Struktur kepribadian manusia :
a.
Id merupakan potensi diri atau bawaan sejak lahir berfungsi untuk menggerakkan
manusia dalam rangka kebutuhan primer.
b.
Ego merupakan berbenturan persoalan realitas, ego selalu mengendalikan
kebutuhan id, jika tidak terpenuhi maka muncul sifat non positif.
c. Super
ego merupakan pengontrol pengawas berkaitan dengan moral. Kegagalan super ego
mengontrol ego maka manusia berbuat-buat semaunya.
2. Pandangan Neoanalitik
Manusia
tercermin oleh pengemasan keinginan :
a. Id untuk memenuhi kebutuhan dasar
sedangkan.
b. Ego untuk keinginan yang mampu
melampaui kebutuhan.
3. Pandangan Humanistik
Menghargai harkat orang lain bahwa orang lain juga mempunyai
id, ego, dan supar ego. Manusia cenderung mampu mambaca nilai-nilai aturan
moral yang berlaku disekitarnya. Misalnya menghargai orang lain.
4. Pandangan behavioristik
Pandangan
prilaku manusia yang selalu dihadapkan oleh pertanyaan, Mengapa prilaku itu
muncul.
Wujud sifat Hakikat manusia
·
Kemampuan
menyadari diri
·
Kemampuan
bereksistensi
·
Memiliki
kata hati
·
Memiliki
moral
·
Kemampuan
bertanggung jawab
·
Memiliki
rasa kebebasan, semua manusia mempunyai kebebasan tetapi mempunyai batas
kebebasan, yaitu kebebasan orang lain, jika kebebasan orang lain terganggu maka
kita sendiri
·
Melaksanakan
kewajiban dan menyadari hak
·
Kemampuan
menghayati kebahagiaan
Homo sapiens, manusia melalui
pemikiran
Animal Ratorate, manusia melalui
penalaran
Homo luden, manusia yang butuh
hiburan
Animal faber
Animal sociale
Animal simbolicium
Animal enducandum, melakukan sifat
personifikasi
Animal Enducandum, tidak tahu tetapi
dididik
Animal educabile
Komentar
Posting Komentar