NAMA
: ANDI IRVAN FAUSY
NIM
: 1614042023
KELAS
: PENDIDIKAN BIOLOGI A
FILSAFAT
PENDIDIKAN
Hakekat
manusia perlu dipahami karena:
1. Pendidikan
kegiatan khas manusia
2. Anak
didik (manusia) komponen sentral, dalam sistem pendidikan
3. Konsep
atau pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek
pendidikannya
4. Pandangan
yang benar dan jelas tentang hakekat anak akan terhindar dari akses dampak
negatif perkembangan iptek yang pesat.
Ada bebrapa
lapisan perilaku makhluk hidup yaitu
1. Lapisan
an-organisme dan organisme : dikuasai oleh hukum alam dan hukum sebab akibat.
2. Lapisan
perilaku hewan atau animal
3. Lapisan
perilaku Human
4. Lapisan
perilaku mutlak (absolut)
Beda manusia dengan makhluk lain
Hewan: mempunyai kemampuan sub pakai
ketika lahir, makhluk biologis, mempunyai insting, bertindak menurut insting,
tidak mengenal etika, estetika dan agama.
Manusia: potensi yang berkembang, bertanggung
jawab, makhluk biologi individu dan sosial, ketika lahir tidak berdaya,
mengenal agama etika dan estetika.
Wujud sifat hakikat manusia terbagi
atas:
1. Kemampuan
menyadari diri
2. Memiliki
kata hati
3. Kemmampuan
bereksistensi
4. Memiliki
moral
5. Kemampuan
bertanggung jawab
6. Memiliki
rasa kebebasan
7. Melaksanakan
kewajiban dan menyadari hak
8. Keampuan
menghayati kebahagiaan
Komentar
Posting Komentar