Langsung ke konten utama

HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH DAN MAKHLUK SOSISAL



Nama :  Sugrah
Nim     : 1614040019
Kelas   :  Pendidikan Biologi  A

HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH DAN MAKHLUK SOSISAL

Pentingnya memahami hakekat manusia sebagai berikut :
1.      Pendidikan kegiatan khas manusia.
2.      Anak didik (manusia) komponen sentral, dalam sistem pendidikan
3.      Konsep/pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek pendidikannya:
    Strategi belajar mengajar berarti strategi belajar bagaimana cara mengajar, melainkan strategi mengajar dengan meletakkan kedua aktivitas anak didik dan pendidik dalam suatu konteks yang di dalamnya lebih ditekankan pada aktivitas belajar anak didik. Selain itu, strategi juga berarti menata potensi anak didik agar suatu program dapat mencapai tujuannya.
4.      Pandangan yang benar dan jelas tentang hakekat anak.
Lapisan perilaku Makhluk
Ø  Lapisa perilaku an-organis dan ilmu pengetahuan.
Ø  Lapisan Vegetatif, dimana lapisan ini memerlukan alat bahan
Ø  Lapisan animal/hewani, misalnya fenomena adanya
Ø  Lapisan human (khas manusia)
Ø  Lapisan  Mufiak (absolut) menghayati nilai-nilai religius
Pengertian Hakekat Manusia:
Manusia terbagi atas dua kata yaitu Manu (Sansekerta) dan Mens (Latin) yang artinya berfikir, berakal budi.
Perbedaan Manusia dengan Makhluk lain:
Hewan
Manusia
Memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir
Ketika dilahirkan tidak berdaya sama sekali
Makhluk biologis
Makhluk biologis, individu dan social
Punya Instink
Potensi yang berkembang
Bertindak menurut Instik
Bertanggung Jawab
Tidak mengenal etika, estetika, dan agama
Punya etika, estetika dan agama

Wujud Sifat Hakekat Manusia
Ø  Kemampuan menyadari diri, walaupun tidak bias melihat Tuhan, tapi kita bias mengenal dengan cara melihat kebesarannya.
Ø  Kemampuan bereksistensis, dimana pada setiap manusia selalu ingin menunjukkan jati dirinya.
Ø  Memiliki kata Hati,” Tidak semua orang bisa mendengar kata hatinya, yaitu ada orang yang mengetahui bahwa ini yang tidak boleh dan ada orang yang tidak mendengar kata hati nuraninya
Ø  Memiliki moral.
Ø  Kemampuan bertanggung jawab.
Ø  Memiliki rasa kebebasan, manusia tercipta untuk bebas, tapi kita juga harus ketahui sampai dimana kebebasan kita. Batas kebesan kita adalah batas kebebasan orang lain.
Ø  Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak.
Ø  Kemampuan menghayati kebahagiaan.

“Adanya manusia bukan berada seperti hewan dan tumbuh tumbuhan. Melainkan meng-ada dimuka bumi yaitu menghadirkan dirinya sendiri, karna manusia melakukan tindakan moral. Dan Ketika seseorang melakukan tindakan amoral maka ia tak menghadirkan dirinya”
Kemampuan Bertanggung Jawab:
Wujud Bertanggung jawab ini ada 3 yaitu sebagai berikut:
1.      Tanggung Jawab kepada diri sendiri
2.      Tanggung Jawab kepada masyarakat
3.      Tanggung Jawab kepada Tuhan
Pandangan Tentang Hakekat Manusia.
1.      Pandangan psikoanalitik, yaitu analitik kewajiban
2.      Pandangan Humanistik,
3.      Pandangan Bekavioristik, yaitu pandangan perilaku.
Struktur Kepribadian Manusia Manusia Terdiri dari 3 komponen.
Ø  Id berfungsi untuk menggerakkan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya (pemenuh kebutuhan)
Ø  Ego (Pemenuhan keinginan) melampaui kebutuhan,berfungsi untuk membatasi antara keinginan Id dengan lingkungan yang relative
Ø  Super Ego, berfungsi untuk (mengawasi dan mengontrol) tingkah laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral.
Julukan Pada Manusia:
·         Homo spesies
·         Animal Rationale
·         Homo luden (membutuhkan hiburan)
·         Homo social
·         Animal Simbolwan
·         Animal Education.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...