Nama
: Sugrah
Nim : 1614040019
Kelas
: Pendidikan Biologi A
HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH DAN MAKHLUK
SOSISAL
Pentingnya
memahami hakekat manusia sebagai berikut :
1.
Pendidikan
kegiatan khas manusia.
2.
Anak
didik (manusia) komponen sentral, dalam sistem pendidikan
3.
Konsep/pandangan
guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek pendidikannya:
Strategi belajar mengajar berarti strategi
belajar bagaimana cara mengajar, melainkan strategi mengajar dengan meletakkan
kedua aktivitas anak didik dan pendidik dalam suatu konteks yang di dalamnya
lebih ditekankan pada aktivitas belajar anak didik. Selain itu, strategi juga
berarti menata potensi anak didik agar suatu program dapat mencapai tujuannya.
4.
Pandangan
yang benar dan jelas tentang hakekat anak.
Lapisan perilaku Makhluk
Ø Lapisa perilaku
an-organis dan ilmu pengetahuan.
Ø Lapisan
Vegetatif, dimana lapisan ini memerlukan alat bahan
Ø Lapisan
animal/hewani, misalnya fenomena adanya
Ø Lapisan human
(khas manusia)
Ø Lapisan Mufiak (absolut) menghayati nilai-nilai
religius
Pengertian Hakekat Manusia:
Manusia terbagi
atas dua kata yaitu Manu (Sansekerta) dan Mens (Latin) yang artinya berfikir,
berakal budi.
Perbedaan
Manusia dengan Makhluk lain:
Hewan
|
Manusia
|
Memiliki
kemampuan siap pakai ketika lahir
|
Ketika
dilahirkan tidak berdaya sama sekali
|
Makhluk
biologis
|
Makhluk
biologis, individu dan social
|
Punya
Instink
|
Potensi
yang berkembang
|
Bertindak
menurut Instik
|
Bertanggung
Jawab
|
Tidak
mengenal etika, estetika, dan agama
|
Punya
etika, estetika dan agama
|
Wujud
Sifat Hakekat Manusia
Ø
Kemampuan
menyadari diri, walaupun tidak bias melihat Tuhan, tapi kita bias mengenal
dengan cara melihat kebesarannya.
Ø
Kemampuan
bereksistensis, dimana pada setiap manusia selalu ingin menunjukkan jati dirinya.
Ø
Memiliki
kata Hati,” Tidak semua orang bisa mendengar kata hatinya, yaitu ada orang yang
mengetahui bahwa ini yang tidak boleh dan ada orang yang tidak mendengar kata
hati nuraninya
Ø
Memiliki
moral.
Ø
Kemampuan
bertanggung jawab.
Ø
Memiliki
rasa kebebasan, manusia tercipta untuk bebas, tapi kita juga harus ketahui
sampai dimana kebebasan kita. Batas kebesan kita adalah batas kebebasan orang
lain.
Ø
Melaksanakan
kewajiban dan menyadari hak.
Ø
Kemampuan
menghayati kebahagiaan.
“Adanya manusia bukan berada
seperti hewan dan tumbuh tumbuhan. Melainkan meng-ada dimuka bumi yaitu
menghadirkan dirinya sendiri, karna manusia melakukan tindakan moral. Dan
Ketika seseorang melakukan tindakan amoral maka ia tak menghadirkan dirinya”
Kemampuan
Bertanggung Jawab:
Wujud Bertanggung jawab ini ada 3
yaitu sebagai berikut:
1.
Tanggung
Jawab kepada diri sendiri
2.
Tanggung
Jawab kepada masyarakat
3.
Tanggung
Jawab kepada Tuhan
Pandangan Tentang Hakekat
Manusia.
1.
Pandangan
psikoanalitik, yaitu analitik kewajiban
2.
Pandangan
Humanistik,
3.
Pandangan
Bekavioristik, yaitu pandangan perilaku.
Struktur
Kepribadian Manusia Manusia Terdiri dari 3 komponen.
Ø
Id
berfungsi untuk menggerakkan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya (pemenuh
kebutuhan)
Ø
Ego
(Pemenuhan keinginan) melampaui kebutuhan,berfungsi untuk membatasi antara
keinginan Id dengan lingkungan yang relative
Ø
Super
Ego, berfungsi untuk (mengawasi dan mengontrol) tingkah laku seseorang agar
sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral.
Julukan
Pada Manusia:
·
Homo
spesies
·
Animal
Rationale
·
Homo
luden (membutuhkan hiburan)
·
Homo
social
·
Animal
Simbolwan
·
Animal
Education.
Komentar
Posting Komentar