Nama :
Nurhikmah. S
NIM :
1614042005
Kelas :
Pendidikan Biologi A
Mengapa perlu memahami
hakekat manusia ?
1.
Pendidikan kegiatan khas manusia
Pada hakikatnya, manusia adalah mahluk
yang dapat dididik (animal educabile)
dan mahluk yang harus dididik (animal educandum). Mengapa manusia perlu dididik
dan memperoleh pendidikan ? karena manusia dilahirkan dalam keadaan tidak
berdaya. Manusia begitu lahir ke dunia perlu mendapat uluran tangan dari lain
untuk melansungkan hidupnya.
2.
Anak didik (manusia) komponen sentral,
dalam sistem pendidikan
Wujud sifat hakekat
manusia
1.
Kemampuan menyadari diri
2.
Kemampuan bereksistensi
3.
Kata hati.
Kata hati dalah kemampuan membuat keputusan tentang
yang baik
dan
buruk. Seorang penjahat sekalipun saat akan memulai aksinya, yakinlah ada kata
hati yang mendahului bahwa perbuatan itu adalah Tidak benar. Masalahnya, tidak
semua orang dapat melakoni kata hatinya.
4. Tanggungjawab
5. Rasa
kebebasan
Setiap manusia memiliki rasa bebas.
Namun yang harus diketahui yaitu
Sampai
dimana batas kebebasan itu ? kebanyakan manusia mengatas namakan kebebasan
untuk berbuat semaunya. Padahal, ketika kita sudah memasuki wilayah kebebasan
orang lain, maka sesungguhnya kita telah melampaui batas kebebasan itu. Kita
tidak boleh melampaui batas kebebasan, karena orang lain juga menanti
kebebasannya.
6. Kewajiban
dan hak
7. Kemampuan
menghayati kebahagiaan.
Pandangan
tentang hakekat manusia
1. Pandangan
Psikoanalitik (kejiwaan)
Tingkah laku individu ditentukan dan dikontrol oleh
kekuatan psikologis yang sejak semula telah ada pada diri masyarakat. Struktur
kepribadian individu :
a) Id.
Id adalah bawaan potensi sejak lahir yang
menggerakkan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya.
b) Ego.
Ego berfungsi untuk menjembatani antara keinginan
dan kebutuhan di lingkungan yang realistis.
c) Superego
Superego
berfungsi mengawasi dan mengontrol tingkah laku seseorang agar sesuai dengan
aturan dan nilai-nilai moral.
2. Pandangan
Humanistik
Bahwa manusia itu memiliki dorongan untuk
mengarahkan dirinya kepada tujuan positif dan memiliki tanggungjawab social.
3. Pandangan
Behavioristik
Bahwa
manusia sepenuhnya adalah mahluk yang tingkah lakunya dikontrol oleh
faktor-faktor yang datang dari luar.
Komentar
Posting Komentar