Langsung ke konten utama

“Hakikat manusia sebagai mahluk alami dan mahluk sosial”



Nama: Nilayanti
Kelas  :pendidikan.Biologi. A
Nim     :1614040023

Ø  Filsafat pendidikan
“Hakikat manusia sebagai mahluk alami dan mahluk sosial”

                Istilah  “Manusia” dapat di artikan sebagai mahluk yang berakal budi dan mampu menguasai mahluk yang lain. Mahluk yaitu suatu yang diciptakan oleh tuhan. Kata manusia berasal dari manu (sansekerta) atau mens (latin) yang berarti berfikir, berakal budi, atau homo (latin)yang berarti manusua.
            Istilah dalam filsafat ini yaitu  Animal Educandum yang berarti manusia yang butuh pendidikan dan yang mau berahlak. Humanistik yang berarti manusia lebih menghargai Hit orang lain. Behavioristik yang berarti manusia yang menghargai harkat orang lain. Dan an-organis yang berarti manusia yang pertama dan selalu tergantung pada tumbuh-tumbuhan alam.
Pandangan-pandangan tentang hakikat manusia
- pandangan psikoanalitik
- pandangan humanistik
- pandangan behavioristik

            Wujud sifat hakekat manusia yaitu :
-        Kemampuan menyadari diri
-        Kemampuan bereksistensi
-        Memiliki kata hati
-        Memiliki moral
-        Kemampuan bertanggung jawab
-        Memiliki kebebasan
-        Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
-        Kemampuan menghayati kebahagiaan

Semua manusia memiliki batas kebebasan, dan dimana batas kebebasan itu adalah batas kebebasan orang lain. Ketika orang lain terganggu, maka kita telah melewati batas kebebasan orang lain itu. Dalam filsafat ini dinyatakan bahwa manusia itu memiliki tiga komponen kepribadian manussia yaitu:
1.      Id adalah untuk menggerakkan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya.
2.      Ego adalah untuk menjembatani antara keinginan Id gengan lingkungan yang realistis.
3.      Super Ego adalah untuk mengawasi dan mengkontrol tingkah laku seseorang agar sesuai aturan dan nilai – nilai moral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...