Langsung ke konten utama

resume


Nama            : Yusra
Nim             : 1614040009
Kelas             : Pendidikan biologi A

“Hakekat Manusia Sebagai Makhluk Alamiah                     
dan Makhluk sosial”
A.    Mengapa perlu nmemahami hakekat manusia?
Sebab manusia memerlukan :
1.     Pendidikan kegiatan khas manusia
2.     Anak didik komponen sentral dalam sistem pendidikan
3.     Konsep/pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi paktek pendidikannya.
4.     Pandangan yang benar dan jelas tentang hakekat anak akan terhindar anak dari akises dampak negative perkembangan iptek yang pesat.
Kata-kata bijak “ manusia memerlukan pendidikan agar dapat menjadikannya sebagai manusia karena kebanyakan manusia zaman sekarang sudah melupakan hakikat dirinya”
B.    Lapisan perilaku mahluk
1.     Lapisan perilaku an-organis dan organis
2.     Lapisan perilaku (LP) vegetatif / perilaku nabati
3.     Lapisan animal atau hewani
4.     Lapisan mutlak (absolute) perilaku yang mampu menghayati nilai-nilai .Kata-kata bijak “ Humanis  adalah bijaksana  dan berbudaya.”
C.    Ada 3 kategori mahluk
1.     Hewan
2.     Manusia
3.     Mahluk gaib


D.    Perbedaan antara manusia dan hewan
Manusia
Hewan
Manusia ketika lahir tidak berdaya, Makhluk biologis, individu dan sosial, memiliki potensi yang berkembang, dan bertanggung jawab.
Hewan memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir, makhluk biologis, punya instink.

E.     Wujud sifat hakikat manusia
·       Kemampuan menyadari diri dalam proses perenungan
·       Kemampuan bereksistensis, yaitu dimana manusia selalu ingin menunjukan kejatidiriannya.
·       Memiliki kata hati tapi tidak semua orang bisa mendengar kata hatinya sendiri
·       Memiliki moral
·       Kemampuan bertanggung jawab
·       Memiliki rasa kebebasan dimana dibalik kebebasan seseorang melaksanakan kewajiban dan menyadari kemampuan hak menghayati kebahagiaan, namun makhluk memiliki batas kebebasan itu.
Catatan “ meng-ada artinya menghadiri dirinya. Sedangkan menjadi adalah sebuah proses yang tidak pernah menjadi.”
F.     Pandangan tentang hakikat manusia
1.     Pandangan psikoanalitik yaitu yang berhubungan dengan kejiwaan.
2.     Pandangan humanistic yaitu kencenderungan manusia mampu menghargai orang lain.
3.     Pandangan behavioristik  yang berhubungan dengan pandangan perilaku manusia


G.    Struktur kepribadian manusia terdiri dari 3 komponen ( frend)
o   Id yaitu dimana bawaan potensi diri sejak lahir, sesuatu yang memiliki potensi untuk menggerakkan manusia untuk memenuhi kebutuhan primer.
o   Ego yaitu dimana yang berfungsi untuk menjembatani antara Id dengan lingkungan yang realistis.
o   Super ego yaitu dimana berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingkah laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai nilai moral.
H.    Hakikat manusia dan dimensi-dimensinya.
Ø  Dimensi keindividuan
Ø  Dimensi kesusilaan
Ø  Dimensi keberagamaan
Ø  Dimensi sosial.


KOMENTAR : materi ini dapat memudahkan saya dalam memahaminya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan

Bismillahirahmanirahim... ( Resume ke-III ) Nama   : Nur Aisyah Ainun NIM     : 1614040011 Kelas    : Pendididkan Biologi A Pendekatan Filsafat dalam Pendidikan Pendekatan filsafat menyangkut hal dasar dalam pendidikan Hubungan filsafat dan pendidika n Hubungan filsafat dan pendidikan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan Filsafat membahas segala sesuatu termasuk fenomena pendidikan     Cabang filsafat yang khusus membahas fenomena pendidikan adalah filsafat pendidikan Filsafat tidak bersifat pragmatis Pengertian filsafat Pendidikan Pengertian Filsafat Filsafat ( berasal dari kata majemuk yaitu philia; cinta; sophia = bijak artinya kebijaksanaan ). Sedangkan berdasarkan harfiah filsafat adalah seorang pecinta kebijaksanaan Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan mendasar. Dapat dikatakan bahwa orang yang hidupnya dipenuhi filsafat akan bijak, tapi buka...