Langsung ke konten utama

resume

Nama             : Yusra
Nim               : 1614040009
Kelas             : Pendidikan biologi A

          “Hakekat Manusia Sebagai Makhluk Alamiah                    
 dan Makhluk sosial”
   A.    Mengapa perlu nmemahami hakekat manusia?
sebab manusia memerlukan :
1.     Pendidikan kegiatan khas manusia
2.     Anak didik komponen sentral dalam sistem pendidikan
3.     Konsep/pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi paktek pendidikannya.
4.     Pandangan yang benar dan jelas tentang hakekat anak akan terhindar anak dari akises dampak negative perkembangan iptek yang pesat.
Kata-kata bijak “ manusia memerlukan pendidikan agar dapat menjadikannya sebagai manusia karena kebanyakan manusia zaman sekarang sudah melupakan hakikat dirinya”    
   B.    Lapisan perilaku mahluk
1.     Lapisan perilaku an-organis dan organis
2.     Lapisan perilaku (LP) vegetatif / perilaku nabati
3.     Lapisan animal atau hewani
4.     Lapisan mutlak (absolute) perilaku yang mampu menghayati nilai-nilai .Kata-kata bijak “ Humanis  adalah bijaksana  dan berbudaya.”
   C.    Ada 3 kategori mahluk
1.     Hewan
2.     Manusia
3.     Mahluk gaib


   D.    Perbedaan antara manusia dan hewan
Manusia
Hewan
Manusia ketika lahir tidak berdaya, Makhluk biologis, individu dan sosial, memiliki potensi yang berkembang, dan bertanggung jawab.
Hewan memiliki kemampuan siap pakai ketika lahir, makhluk biologis, punya instink.

   E.     Wujud sifat hakikat manusia
·       Kemampuan menyadari diri dalam proses perenungan
·       Kemampuan bereksistensis, yaitu dimana manusia selalu ingin menunjukan kejatidiriannya.
·       Memiliki kata hati tapi tidak semua orang bisa mendengar kata hatinya sendiri
·       Memiliki moral
·       Kemampuan bertanggung jawab
·       Memiliki rasa kebebasan dimana dibalik kebebasan seseorang melaksanakan kewajiban dan menyadari kemampuan hak menghayati kebahagiaan, namun makhluk memiliki batas kebebasan itu.
Catatan “ meng-ada artinya menghadiri dirinya. Sedangkan menjadi adalah sebuah proses yang tidak pernah menjadi.”
   F.     Pandangan tentang hakikat manusia
1.     Pandangan psikoanalitik yaitu yang berhubungan dengan kejiwaan.
2.     Pandangan humanistic yaitu kencenderungan manusia mampu menghargai orang lain.
3.     Pandangan behavioristik  yang berhubungan dengan pandangan perilaku manusia


   G.    Struktur kepribadian manusia terdiri dari 3 komponen ( frend)
o   Id yaitu dimana bawaan potensi diri sejak lahir, sesuatu yang memiliki potensi untuk menggerakkan manusia untuk memenuhi kebutuhan primer.
o   Ego yaitu dimana yang berfungsi untuk menjembatani antara Id dengan lingkungan yang realistis.
o   Super ego yaitu dimana berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingkah laku seseorang agar sesuai dengan aturan dan nilai nilai moral.
   H.    Hakikat manusia dan dimensi-dimensinya.
Ø  Dimensi keindividuan
Ø  Dimensi kesusilaan
Ø  Dimensi keberagamaan
Ø  Dimensi sosial.


KOMENTAR : materi ini dapat memudahkan saya dalam memahaminya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU

Nama   : Nurhanisma Baharuddin NIM     : 1614040003 Kelas    : pendidikan biologi A MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH, SOSIAL DAN INDIVIDU             Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial. Manusia disebut juga insan. Dalam bahasa arab, berasal dari kata nasiyayang berarti lupa dan jika di lihat dari kata dasar dari al-uns yang berarti jinak. Kata insan dipakai untuk menyebut manusia, karena manusia memiliki sifat lupa dan jinak artinya manusia selalu menyesuaikan diri dengan keadaann yang baru di sekitarnya. Hal yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal. Seperti ya...
RESUME FILSAFAT PENDIDIKAN (ALIRAN ESENSIALISME) NAMA : NURHIKMA DWI PUTRI AGUNG KELAS : PENDIDIKANN BIOLOGI A NIM : 1614042019 Airan filsafat esensialisme merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka bereanggapan bahwa kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan untuk umat manusia. Bagi aliran esensialisme mereka berpedoman padazaman renaissance yang mana sumber utama dari kebudayaan ini terletak dalam ajaran para ahli filsafat, ali pengetahuan yang telah mewariskan kepada umat manusia segala macam ilmu pengetahuan yang elah mampu menembus lipatan qurun dan waktu dan telah banyak menimbulkan kreasi-kreasi bermanfaat sepanjang sejarah umat manusia. Untuk esensialisme modern dalam pendidikan adalah sebuah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisme dan sinisme dari gerakan progresiveme terhadap nili-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/ sosial. Esensialisme percaya  bahwa pendidikan harus di...

catatan kuliah 1 Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Alamiah dan Makluk Sosial

Nama : Isra Shafira Amyani NIM   : 1614041005 Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Alamiah dan Makluk Sosial        Manusia adalah makhluk yang bisa dididik (animal educable) dan butuh dididik (animal educandum), berbeda dengan hewan. Hewan tidak bisa dididik tapi hanya bisa dilatih melalui proses pembiasaan. Memahami manusia juga butuh pendidikan dan manusia bermakna kosong apabila tidak memiliki jati diri. Tujuan manusia dididik agar bisa menjadi manusia (manusia yang dimanusiakan), maksudnya agar manusia bisa memahami hakikatnya sebagai manusia. §    Perbedaan manusia dan hewan Hewan=> tidak berakal, bertindak menurut insting, tidak mengenal etika. Manusia => berakal, berilmu, didik, tidak berdaya sama sekali saat dilahirkan, makhluk biologis, potensi yang akan berkembang, memiliki etika, estetika dan agama.        Manusia=> manu (sansekerta)                   ...