Nama :Muh. reza Apriady
NIM :1614040017
Kelas :Pendidikn biologi A
HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALAMIAH DAN MAKHLUK SOSIAL
Mengapa perlu memahami hakikat manusia?
1. Pendidikan kegiatan khas manusia,
2. Anak didik (manusia) komponen sentral, dalam sistem
pendidikan,
3. Konsep/pandangan guru tentang hakikat anak menentukan strategi
praktek pendidikannya, dan
4. Pandangan, yang benar dan jelas tentang hakikat anak akan
terhindar dari akses dampak negatif perkembangan IPTEK yang pesat.
Lapis
perilaku (LP) makhluk
1. Lapisan perilaku anorganis dan organis, di kuasai oleh
hukum alam dan hukum sebab akibat,
2. Lapisan perilaku hewan atau hewani atau animal,
3. Lapisan perilaku human, dan
4. Lapisan perilaku mutlak.
A.
Pengertian hakikat
manusia
Manusia Manu (Sanskerta) artinya berfikir.
a.
Wujud sifat hakikat
manusia
Kemampuan
menyatakan diri, kemampuan berelistensi. Kemampuan menunjukkan jati diri,
memiliki kata hati, memiliki moral, kemampuan bertanggung jawab, memiliki rasa
kebebasan, melaksanakan kewajiban dan menyadari hak, dan kemampuan menghayati
kemampuan.
Wujud sifat yang
membedakan sifat manusia dan hewan:
1.
Kemampuan menyadari
diri,
2.
Kemampuan berelistensi,
3.
Moral,
4.
Bertanggung jawab,
5.
Memiliki kata hati,
6.
Rasa kebebasan, dan
7.
Kewajiban dan hak.
b.
Pandangan tentang
hakikat manusia
1.
Pandangan psikoanalitik,
2.
Pandangan humanistis,
Dan
Pandangan beharioristik.
Pandangan Psikoanalitik
Tradisional, tingkah laku manusia
digerakkan oleh dorongan yang bersifat instinktif dan diarahkan untuk memuaskan
kebutuhan dan instink kebutuhan manusia.
Struktur kepribadian manusia terdiri dari 3 komponen (Fred)
:
1.
Id yang berfungsi untuk menggerakkan seseorang untuk
memuaskan kebutuhannya.
2. Ego yang berfungsi untuk menjembatani antara keinginan Id
dengan lingkungan yang realitas.
3. Super ego, berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol tingkah laku seorang
agar sesuai dengan aturan dan nilai-nilai moral.
Komentar
Posting Komentar