Nama: Asnur Fadillah
Nim: 1614042003
HAKEKAT MANUSIA
Manusia Sebagai makhluk alamiah dan mahkluk social
Mengapa Perlu Memahami Hakekat Manusia?
1. Pendidikan kegiatan khas manusia
1. Pendidikan kegiatan khas manusia
2. Anak didik komponen sentral dalam system pendidikan
3. Pandangan guru tentang hakekat anak menentukan strategi praktek pendidikannya
4. Pandangan yang benar & jelas tentang hakekat anak
LapisanPerilakuMakhluk
- Lapisan perilaku an-organis dan organis dikuasai oleh hokum alam dan hukum sebab akibat
- Lapisan perilaku animal/hewan
Manusia
- Ketika baru dilahirkan tidak berdaya sama sekali kecuali insting naluri yang ia miliki
- Sebagai makhluk biologis, individualis, dan social
- Potensi yang berkembang
WujudSifatHakekatManusia
- Kemampuan mnyadari diri
- Kemampuan bereksistensi (manusia selalu ingin menunjukkan jati dirinya)
- Memiliki kata hati
- Memiliki moral
- Memiliki rasa kebebasan
Semua manusia memiliki hak untuk bebas, persoalannya adalah sampai dimana batas-batas hak kebebasan itu? Ya, batas kebebasan adalah kebebasan orang lain. Hal yang perlu kita sadari bahawa orang lain juga memiliki hak untuk bebas, maka dari itu jangan sampai kita keluar dari “jalur” bebas kita sampai mengusik kebebasan orang lain.
- Melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
- Kemampuan menghayati kebahagiaan
Pandangan tentang hakekat Manusia
- PandanganPsikonalitik
- PandanganHumanitik
- Pandangan Behavioristik
Ada kata yang indah dari Bapak Ismail sewaktu saya mengikuti mata kuliah Filsafat Pendidikan yaitu, “Manusia hanya ada dalam batas proses menjadi. Jika kita membuat parameter titik kesempurnaan pada radius 100 Km maka kita hanya bisa berjalan mendekati titik kesempurnaan itu atau kita hanya berjalan di sekitar 0-99 km . Dan perlu kita ingat kita tidak akan pernah sampai pada titik kesempurnaan itu. Karna titik kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai manusia tidak akan bisa menyamai-Nya atau dengan kata lain No body’s perfect”
Komentar
Posting Komentar